Pages

Thursday, October 11, 2018

Gunung Salak Tak Erupsi, BNPB Minta Tak Percaya Isu Tak Jelas

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan sejumlah data dan informasi mengenai laporan meletusnya Gunung Salak tidak benar. Dari informasi yang dihimpun, BNPB memastikan bahwa gunung tersebut tidak mengalami erupsi.

"Saya kemarin ditanyai apakah Gunung Salak meletus, tetapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberi informasi bahwa Gunung Salak terlihat jelas, tidak ada abu vulkanik seperti yang dikabarkan," kata Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/10).

Sebelumnya, Gunung Salak dikabarkan erupsi pada Rabu (10/10). Darwin Volcanic Ash Advisory (VAAC) dalam situsnya mengatakan abu vulkanik mungkin akan menganggu penerbangan pesawat terbang.

Namun pernyataan itu akhirnya dikoreksi PVMBG bahwa tidak ada sebaran abu vulkanik dari daerah sekitar Gunung Salak.

PVMBG juga melaporkan pada BNPB bahwa cuaca di sekitar gunung cerah, angin berhembus lemah ke arah selatan dan utara. Suhu di sekitar 22-29 derajat Celcius dengan kelembapan 92 persen.

Selain itu, pemantauan pada 10 Oktober 2018 tidak merekam adanya peningkatan kegempaan di Gunung Salak.

Di sisi lain, hasil observasi lapangan yang dilakukan langsung oleh pengamat Gunung Salak hingga pukul 20.00 WIB kemarin menyebut tidak teramati adanya jatuhan atau hujan abu vulkanik. Tidak terdengar suara dentuman baik di wilayah puncak Gunung Salak maupun di sekitar lerengnya seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu.

"Berdasarkan data-data di atas dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini Gunung Salak tidak mengalami erupsi. Gunung Salak saat ini masih berada tingkat aktivitas Level I (Normal)," ujar Sutopo.

Atas dasar itu, Sutopo mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak termakan dengan kabar maupun informasi sumir mengenai Gunung Salak.

"Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya," pungkasnya. (osc)

Let's block ads! (Why?)


October 12, 2018 at 04:00AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2yhLjjP
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment