Pages

Thursday, October 11, 2018

Ini Penjelasan Lengkap Kementerian ESDM Soal Gempa Situbondo

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Geologi Kementerian ESDM menyampaikan keterangan resmi terkait gempa bumi di perairan utara Situbondo, Jawa Timur, dini hari tadi.

Berdasarkan rilis yang diterima CNBC Indonesia, disebutkan bahwa pusat gempa bumi berada di laut, di perairan utara Situbondo, Jawa Timur. "Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi umumnya disusun oleh batuan vulkanik berumur Tersier hingga Kuarter," tulis rilis itu.

Dampak geologi atas kejadian ini, guncangan gempa bumi akan terasa lebih kuat di daerah yang disusun oleh batuan gunung api berumur kuarter dan batuan berumur tersier yang telah mengalami pelapukan kuat. Ini dikarenakan adanya sifat urai dan mengamplifikasi guncangan gempa bumi.


Adapun penyebab gempa bumi berdasarkan lokasi pusat dan kedalamannya yang dangkal, gempa bumi ini disebabkan aktivitas sesar di lokasi tersebut yang mempunyai barat-barat laut - timur - tenggara dengan mekanisme sesar naik.

Selanjutnya, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Situbondo, Sumenep dan Denpasar dengan intensitas III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity) serta di Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram, dan Pandaan sebesar III MMI.

"Berdasarkan informasi dari BNPB, guncangan gempa bumi telah mengakibatkan tiga korban jiwa di Sumenep serta beberapa kerusakan di berbagai wilayah. Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi bawah laut."

Atas kejadian ini, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. "Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil."

Sebagaimana diketahui, gempa bumi terjadi berpusat pada koordinat 7,42°LS dan 114,57°BT (61 km sebelah timur laut Situbindo, Jawa Timur), dengan kekuatan M 6,4 pada kedalaman 10 km. Berdasarkan informasi dari Geo Forschungs Zentrum (GFZ) Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 7,49°LS dan 114,46°BT, dengan magnitudo 6,0 Mw dan kedalaman 10 km.

The United States Geological Survey , Amerika Serikat melaporkan bahwa pusat gempa bumi berada pada koordinat 7,449°LS dan 114,443°BT, dengan magnitudo M 6,0 dan kedalaman 10 km.

(ray/ray)

Let's block ads! (Why?)


October 11, 2018 at 10:25PM
via CNBC Indonesia https://ift.tt/2INhtru
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnbcindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an e


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment